[SAFETYCLOPEDIA] - SAFETY MEETING



Halo sobat Safeclo!

Kembali lagi nih dengan artikel Safetyclopedia. Kali ini kita akan membahas tentang Safety Meeting. Mungkin dari judulnya kalian bisa menebak ya apa itu Safety Meeting? Sebenarnya seberapa penting Safety Meeting itu? Yuk simak sama-sama!


Pengertian Safety Meeting

Apa yang sobat Safeclo pikirkan ketika mendengar istilah Safety Meeting? Mungkin yang terlintas adalah rapat di sebuah tempat kerja yang membahas terkait keselamatan dan kesehatan di tempat kerja. Eits, jangan salah sobat Safeclo. Safety Meeting lebih dari itu lho! Safety Meeting merupakan kunci utama dalam menjaga keselamatan kerja pekerja di suatu tempat kerja. Safety meeting ini harus dihadiri oleh semua pekerja, baik itu supervisor, engineer, foreman, HSE, dan wakil manajemen. Frekuensi dari Safety Meeting ini bisa mingguan atau bulanan sesuai dengan regulasi dan rencana yang telah dibuat oleh tim K3. 

Safety Meeting memuat beberapa pokok bahasan yang memiliki output untuk mewujudkan budaya kerja aman, diantaranya:

  1. Program yang perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan di tempat kerja.

  2. Pemerhatian lingkungan kerja dari potensi-potensi bahaya yang muncul.

  3. Peningkatan kualitas K3 di lingkungan kerja.


Kenapa safety meeting penting?

Safety Meeting penting untuk dilakukan karena didalamnya tidak hanya sekedar membicarakan bahaya, namun di dalamnya juga membahas terkait bagaimana solusi dan cara mencegah kecelakaan kerja. Dalam Safety Meeting dilakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Identifikasi bahaya: Safety Meeting diadakan untuk menemukan dan mengidentifikasi berbagai bahaya yang mungkin tersembunyi di tempat kerja.

  2. Analisis risiko: hasil dari identifikasi bahaya yang dilakukan, selanjutnya diproses untuk dianalisis resikonya untuk memahami tingkat keparahan dan kemungkinan risiko atau bahaya tersebut terjadi.

  3. Pemberian solusi dan tindakan pencegahan yang efektif untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

  4. Komunikasi dan koordinasi yang kuat antar berbagai pihak, termasuk pihak manajemen, tim K3, dan  pekerja.


Bagaimana Safety Meeting yang baik itu?

Setelah mengetahui seberapa penting Safety Meeting dilakukan, kira-kira sobat Safeclo tahu tidak bagaimana pelaksanaan Safety Meeting yang baik dan benar? Nah, dilansir dari (Graham), ternyata begini pelaksanaan Safety Meeting yang baik dan benar.


  1. Fokus terhadap satu permasalahan yang dibahas

Pertemuan keselamatan yang paling efektif adalah yang paling sederhana dan langsung. Jadi jangan membahas  mengenai keseluruhan program keselamatan sekaligus dengan para pekerja.

  1. Melibatkan pekerja

Pekerja tidak hanya sebagai penonton dalam kegiatan ini, pekerja sebagai sumber dalam mencari topik yang dibahas.

  1. Membuat Safety Meeting yang menarik

Safety meeting yang menarik dapat membuat pesan yang diberikan menjadi lebih terserap dengan baik kepada para pekerja.

  1. Mendokumentasikan Safety Meeting yang berlangsung

Hal ini perlu dilakukan karena digunakan sebagai arsip petugas K3.


Jenis-jenis safety Meeting

Safety Meeting ternyata banyak jenisnya lho sobat Safeclo. Jenis-jenis dari safety meeting ini ibarat jurus ampuh yang bisa menangkal kejadian tidak diinginkan terjadi di tempat kerja. Wah, apa saja ya kira-kira? Simak baik-baik yuk penjelasan berikut!


  1. Pre Job Safety Meeting / Pre Start Meeting

Dilakukan di awal waktu sebelum memulai pekerjaan, dilakukan oleh setiap divisi grup kerja kemudian membahas terkait bahaya pada pekerjaan yang akan dilakukan, dan bahaya yang terjadi pada pekerjaan sebelumnya.

  1. Weekly Safety Meeting

Weekly Safety Meeting dilakukan oleh grup besar. Topik yang dibahas masih sama, tetapi membahas trend bahaya di minggu sebelumnya. Kemudian pihak manajemen dan prosedur kerja aman akan memberikan masukan dan pesan-pesan.

  1. Safety Stand Down Meeting

Dilakukan setelah terjadi kecelakaan kerja. Bertujuan agar para pekerja lainnya lebih berhati-hati dan memperhatikan pekerjaannya, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. P23K / Safety Committee Meeting

Meeting dilakukan setiap bulan dan diikuti oleh perwakilan management perusahaan, perwakilan pekerja, dan juga personil Safety. Membahas implementasi K3 dan target pencapaian K3 di perusahaan.


Tidak terasa kita sudah sampai di ujung pembahasan terkait Safety Meeting nih sobat Safeclo. Inti dari pembahasan Safety Meeting ini, Safety Meeting merupakan investasi suatu tempat kerja. Jika safety meeting dapat berjalan baik dan mendapat atensi baik dari pekerja, maka kecelakaan kerja dapat diminimalisir dengan optimal. 

Terima kasih sudah menjelajah artikel Safety Meeting ini hingga akhir sobat Safeclo. Sampai jumpa di artikel Safetyclopedia berikutnya!


Referensi

4 Jenis Safety Meeting di Tempat Kerja. (2023, June 26). LinkedIn. Retrieved May 7, 2024, from https://id.linkedin.com/pulse/4-jenis-safety-meeting-di-tempat-kerja-kitakompeten

Graham, T. (2021, September 15). Safety Meetings vs. Toolbox Talks: What's the Difference? KPA. Retrieved May 7, 2024, from https://kpa.io/blog/safety-meetings-vs-toolbox-talks-whats-the-difference/