PPNS Raih Anugerah Merdeka Belajar melalui Program Wirausaha Merdeka


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan Anugerah Merdeka Belajar kepada para pemangku kepentingan mitra Merdeka Belajar. Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada para pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Penyerahan Anugerah Merdeka Belajar bertempat di Gedung Trimurti, Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/05).

Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar ini diberikan pada perguruan tinggi dengan capaian pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) terbaik, serta apresiasi kepada Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS).

Dalam tiga tahun terakhir, Kemendikbudristek telah meluncurkan 24 (dua puluh empat) episode Merdeka Belajar yang berfokus pada transformasi sistem pendidikan Indonesia khususnya aspek pembelajaran, pendanaan, dan pengelolaan. Upaya transformasi sistem pendidikan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan SDM Indonesia yang unggul.

Kemendikbudristek menetapkan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan pada 28–29 Mei di Yogyakarta dengan agenda kegiatan Karnaval Merdeka Belajar, dan pemberian anugerah.

Dalam Anugerah Merdeka Belajar 2023, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berhasil meraih Anugerah Merdeka Belajar, Kategori Perguruan Tinggi Vokasi Penyelenggara MBKM Terbaik. Anugerah ini diraih melalui Program Wirausaha Merdeka dimana PPNS menjadi penyelenggara. PPNS menjadi penyelenggara Program Wirausaha Merdeka dengan jumlah peserta terbanyak.




Untuk kategori Pendidikan Tinggi Vokasi terbaik penyelenggara MBKM, penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur PPNS, Eko Julianto. Penghargaan ini adalah salah satu bentuk komitmen PPNS dalam rangka meningkatkan akses bagi mahasiswa untuk memiliki pengalaman belajar yang lebih beragam dan kaya.